Tuesday 8 January 2013

SULAP Matematika Diskrit bersama Aljabar Boolean



Matematika Diskrit bersama Aljabar Boolean adalah dua cabang matematika yang sangat penting untuk jaman komputer saat ini.
Matematika diskrit memiliki logikanya sendiri yang sepertinya berbeda dengan matematika konvensional semacam kalkulus. Secara sederhana, matematika diskrit adalah matematika yang mempelajari sesuatu yang dapat dihitung.
Misal menghitung banyaknya pertandingan sepak bola, menghitung hari, menghitung pasangan presiden wakil, dan lain-lain.
Bandingkan dengan matematika (bukan diskrit) misalnya bilangan riil antara 2 dan 5 adalah 2,001; 2,002; 2,1234…. dan seterusnya tak terhitung banyaknya.
“Al, tahun 2009 ini kamu ulang tahun hari apa?” tanya Ane.
“Hari Senin Paman,” jawab Al.
“Tahun 2010 nanti kamu akan ulang tahun hari Selasa.”
Al (bersama Geo dan Meti) sibuk membuka-buka kalender tahun 2010. Ternyata memang benar Al ulang tahun hari Selasa.

“Kamu Geo, 2009 ini ulang tahun hari apa?” tanya Ane.
“Hari Rabu Bos,” jawab Geo.
“Tahun 2010 kamu akan ulang tahun hari Kamis.”
Al, Geo, Meti memeriksa kalender lagi dan memang benar Geo ulang tahun pada hari Kamis di tahun 2010.
“Aku akan ulang tahun hari Jumat,” Meti mendahului ANE.
“Mengapa?” tanya Ane.
“Karena tahun 2009 ini aku ulang tahun hari Kamis.”
“Betul…!” tandas  Ane.
Mengapa benar?
Karena 1 tahun masehi terdiri dari 365 hari. Maka kita dapat membagi 365 dengan 7 (banyaknya hari dalam 1 pekan) memperoleh hasil dengan sisa 1. Jadi hari ulang tahun kita akan bertambah 1 hari di tahun depan.
Cobalah untuk memeriksa hari ulang tahun Anda masing-masing!
Pertanyaan lebih lanjut dalam matematika diskrit dapat berupa:
Bila hari ini adalah hari Sabtu maka hari apakah 3^2009 hari lagi?
Kalkulator biasa tidak dapat menghitung 3^2009. Bahkan komputer juga tidak mudah menghitungnya. Apalagi sempoa atau jari sempoa, bisa-bisa patah.
Tetapi nalarmatika, logika kita, dapat menjelajahinya dengan baik. aNE berulang kali menekankan pentingnya nalar dan pemahaman dalam matematika kreatif.
Untuk menentukan hari kita perlu menghitung:
3^2009 : 7 = a sisa b
Bila b = 5 maka kita tinggal menghitung 5 hari ke depan. Yaitu 5 hari setelah Sabtu adalah hari Kamis. (Selesai).
Bagaimana menurut Anda?

No comments: