A. Permainan Matematika-Menebak Tanggal Lahir Orang Lain
Ya, kali ini saya akan mencoba menuliskan sebuah permainan matematika yang sederhana tapi cukup menarik, karena dengan permainan ini anda bisa mengetahui tanggal lahir orang lain melalui perhitungan angka-angka. Ya, anda cukup ajak teman anda yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya untuk bermain dengan angka bersama anda, lalu anda dapat mengetahui tanggal lahirnya, mudah bukan?
Begini, misalnya anda memiliki seorang
yang sedang ditaksir lalu anda tidak mengetahui hari ulang tahunnya, maka anda
dapat menggunakan permainan ini untuk mengetahui hari ulang tahun
Begini caranya
Pertama
Ada tiga option yang harus dipilih salah satu pada
langkah pertama ini:
1. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) cukup pandai dalam menghitung, maka suruh dia memegang kertas/buku beserta pulpen (untuk coret-coretan menghitung tentunya)
2. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak cukup pandai dalam berhitung, maka suruhlah dia memegang kalkulator(untuk digunakan menghitung nanti tentunya)
3. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak bisa berhitung sama sekali dan tidak bisa menggunakan kalkulator, mending jangan diteruskan permainan ini, soalnya nanti sia-sia saja (ya iya lah?)
Kemudian
Suruh teman anda untuk melakukan perhitungan ini:
A. mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 (tanggal lahir dia X 5)
B. hasil perhitungan pada langkah A tambahkan dengan 6 (hasil A + 6)
C. hasil perhitungan pada langkah B kalikan dengan
4 (hasil B X 4)
D. hasil perhitungan pada langkah C tambahkan dengan 9 (hasil C + 9)
E. hasil perhitungan pada langkah D kalikan dengan 5 (hasil D X 5)
F. hasil perhitungan pada langkah E tambahkan dengan bulan kelahirannya
(NB: Januari=1, February=2, dst)
Setelah langkah A sampai dengan F selesai, mintalah teman anda untuk memberitahukan hasil perhitungannya kepada anda, lalu anda kurangi hasil yang diberitahukan teman anda itu dengan angka kunci, yaitu 165 (hasil perhitungan – 165) nah lalu anda sekarang sudah mengetahui tanggal lahir teman anda.
Contoh:
Hasil perhitungan tanggal lahir saya melalui langkah A sampai dengan F adalah 2767.
Hasil itu dikurangi 165 , jadi 2767-165 = 2602
yap 2602 itu menunjukan tanggal lahir saya, yaitu
tanggal 26 bulan 02
Yap sekarang anda dapat mencobanya sendiri dan buat kagum teman anda. Selamat mencoba!
Membuat matematika menjadi menarik buat
anak merupakan salah satu cara agar matematika dapat dipelajari secara mudah,
tidak membosankan dan tidak menakutkan.
Salah
satu cara berikut ini adalah permainan matematika kreatif sederhana tapi menakjubkan.
1. . Pilih
angka yang kamu sukai 4, 5 atau 6?
(Misal memilih
angka 5)
Kita tidak
boleh melihat angka tersebut.
Angka tersebut
adalah rahasia bagi kita sebagai pemandu permainan.)
2. Pilih angka
lagi yang kamu sukai 1, 2 atau 3? Tuliskan di belakangnya…!
(Misal anak
memilih angka 3. Jadi dia mempunyai angka 53)
3. Baik
sekarang kamu punya bilangan yang terdiri dari dua angka. Kalikan bilangan
terebut dengan 10.
(Anak
mengalikan 53×10 = 530.)
4. Tambahkan
hasil kali tersebut dengan bilangan semula.
(Anak
menjumlahkan 530 + 53 = 583)
5. Kamu sekarang
punya tiga angka kan? Sebutkan angka tengah dan belakangnya.
” 8 dan 3,”
kata anak.
“Angka depannya
adalah 5…!” kita menebak dengan yakin.
“Kok tahu
sih…?” anak-anak kagum bercampur penasaran.
“Ya iyalah… kan
aku bisa melihat tembus pandang!
Kunci dari
permainan di atas adalah perkalian 11.
Suatu hal yang ajaib atau aneh dapat
menjadi hal yang menarik bagi siswa, dan siswa terpancing untuk mencari tahu
penyebabnya. Pada akhir-akhir pembelajaran guru perlu memberikan suatu hal yang
menarik bagi siswa, supaya pembelajaran tidak membosankan dan siswa mendapatkan
penyegaran di akhir pembelajaran dengan hal-hal yang menarik. sehingga siswa
merasa senang dan merasa pembelajaran cepat sekali berlalu, akhirnya timbul
semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika berikutnya. Berikut trik
menarik yang bisa disajikan di akhir pembelajaran matematika.
·
Suruh setiap siswa didalam kelas menulis bilangan
dengan empat digit yang masing-masing digitnya berbeda.
·
Kemudian bentuk bilangan siklik yang lain dengan
cara memindahkan digit tempat ribuan ketempat ratusan, puluhan dan satuan.
Sebagai contoh bilangan yang ditulis adalah : 8234. Maka bilangan yang dibentuk
adalah : 8234, 4823, 3482, 2348.
·
Suruh siswa menghitung jumlah keempat bilangan
tersebut. Misalkan 8234+4923+3482+2348=18.887
·
Jumlahkan angka-angka pada bilangn mula-mula.
misalkan 8+2+3+4=17
·
Bagi jumlah ke-empat bilangan dengan jumlah
angka-angka pada bilangan mula-mula. Misal 18.887:17=1111
·
Sungguh menakjubkan, tanpa memperhatikan bilangan
mula-mula yang di pilih, hasil akhirnya akan selalu 1111
Permainan berikut sangat menarik, anda
dapat dengan mudah menebak berapa umur siswa anda tanpa diberitahukan kepada
Anda. Ikuti langkah-langkah berikut :
·
Mintalah kepada seorang siswa anda untuk memilih
bilangan apa saja ( jangan lebih dari 5 angka ), kemudian tuliskan dimana anda
tidak dapat melihatnya.
·
Kemudian bilangan tadi kalikan dengan 9
selanjutnya tambahkan dengan usia siswa anda tersebut.
·
Anda minta hasil akhirnya, dengan melihat hasil
akhir tadi anda dengan mudah menebak berapa umur siswa anda tersebut.
·
Caranya sangatlah mudah, anda cukup menjumlahkan
semua angka pada hasil akhir tadi sampai mendapatkan 1 angka. Jika usia dibawah 10 tahun, angka itulah
usianya, jika antara 10 s/d 20 thn angka tadi ditambah 9, jika antara 20 s/d 30
thn angka tadi ditambah 18, jika antara 30 dan 40 thn angka tadi ditambah 27
demikian seterusnya.
B. Permainan menyusun angka
Ada begitu banyak permainan yang mengandalkan
penyusunan angka. Salah satunya adalah permainan berikut.
Menyususn angka dalam kotak ajaib :
Mintalah siswa untuk memikirkan angka-angka dari
1-9 , kemudian minta satu persatu siswa untuk menyebutkan angka mereka. Setelah
dirasa jumlah angka dapat dibagi dengan 3, anda boleh berhenti atau meneruskan
meminta angka dari siswa
Kemudian susun angka-angka berapapun tak dibatasi,
dan pastikan jumlah angka-angka secara vertikal, horizontal maupun diagonal
bernilai sama, yaitu sama dengan jumlah angka yang diperoleh dari siswa.
Kuncinya adalah bagi
jumlah bilangan dengan angka 3, hasilnya letakan di tengah, lalu letakan angka
2 di sudut kanan atas. Kemudian letakan angka 1 di baris ke-3 dan kolom ke-2. kemudian sisanya hitung sendiri. Misalkan jumlah bilangannya adalah 15
2
5
1
C. Permainan menyebrangi jembatan.
Permainan ini dituntut
kejelian dan ketelitian anak untuk menggunakan kesempatan yang dimiliki
seminimal mungkin.
Permainan ini membutuhkan
7 pemain, masing masing pemain memiliki karakter, antara lain :
- Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 1kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langkah cepat
- Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 3kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langka lumayan cepat
- Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 7kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langkah lumayan lambat
- Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 9kg daging untuk umpan buaya karana memiliki langkah lambat
- Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 15kg daging untuk umpan buaya karena langkahnya lambat sekali
Sedangkan jumlah stok daging yang tersedia adalah
35 kg daging. Bagaimana caranya supaya semua dapat menyebrang dengan selamat.
Kondisi jemabatan adalah : banyak buaya yang akan memakan kalian, sehingga
butuh umpan untuk mengalihkan perhatian mereka. Namun saat itu sangat gelap
gulita, sehingga butuh penerangan, namun yang ada hanya sebuah lampu petromax.
Jadi pemain harus menyebrang 2-2 dan setelah menyebrang salah satunya harus
kembali membawa lampu untuk penerangan bagi penyebrangan selanjutnya.
D. Permainan selanjutnya adalah permainan sambung angka
Mintalah 4 siswa untuk
berpartisipasi dalam permainan ini. Kemudian mintalah masing-masing memikirkan
satu angka berkisar 1- 9. Kondisikan sehingga 4 orang siswa tersebut berbaris
dengan rapih. Lalu orang pertama menyebutkan angka mintalah orang pertama untuk
menyebutkan salah satu angka berkisar 1-5, namun bukan angka yang ia pilih
pertama, lalu angka tersebut digunakan untuk menambahkan angka orang pertama,
mengalikan yang ke 2 dan mengurangi yang ke 3 dan di gunakan untuk menambahkan
yang orang ke-4, dan orang pertama yang mencapai jumlah 50, dialah
pemenangnya....
No comments:
Post a Comment