Ingat waktu

Jumat, 16 November 2012

Sulap selip Matematika ...



A. Permainan Matematika-Menebak Tanggal Lahir Orang Lain

Ya, kali ini saya akan mencoba menuliskan sebuah permainan matematika yang sederhana tapi cukup menarik, karena dengan permainan ini anda bisa mengetahui tanggal lahir orang lain melalui perhitungan angka-angka. Ya, anda cukup ajak teman anda yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya untuk bermain dengan angka bersama anda, lalu anda dapat mengetahui tanggal lahirnya, mudah bukan?
Begini, misalnya anda memiliki seorang yang sedang ditaksir lalu anda tidak mengetahui hari ulang tahunnya, maka anda dapat menggunakan permainan ini untuk mengetahui hari ulang tahun

Begini caranya
Pertama
Ada tiga option yang harus dipilih salah satu pada langkah pertama ini:

1. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) cukup pandai dalam menghitung, maka suruh dia memegang kertas/buku beserta pulpen (untuk coret-coretan menghitung tentunya)

2. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak cukup pandai dalam berhitung, maka suruhlah dia memegang kalkulator(untuk digunakan menghitung nanti tentunya)

3. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak bisa berhitung sama sekali dan tidak bisa menggunakan kalkulator, mending jangan diteruskan permainan ini, soalnya nanti sia-sia saja (ya iya lah?) 

Kemudian


Suruh teman anda untuk melakukan perhitungan ini:

A. mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 (tanggal lahir dia X 5)

B. hasil perhitungan pada langkah A tambahkan dengan 6 (hasil A + 6)

C. hasil perhitungan pada langkah B kalikan dengan 4 (hasil B X 4)

D. hasil perhitungan pada langkah C tambahkan dengan 9 (hasil C + 9)

E. hasil perhitungan pada langkah D kalikan dengan 5 (hasil D X 5)

F. hasil perhitungan pada langkah E tambahkan dengan bulan kelahirannya

(NB: Januari=1, February=2, dst)

Setelah langkah A sampai dengan F selesai, mintalah teman anda untuk memberitahukan hasil perhitungannya kepada anda, lalu anda kurangi hasil yang diberitahukan teman anda itu dengan angka kunci, yaitu 165 (hasil perhitungan – 165) nah lalu anda sekarang sudah mengetahui tanggal lahir teman anda.

Contoh:

Hasil perhitungan tanggal lahir saya melalui langkah A sampai dengan F adalah 2767.

Hasil itu dikurangi 165 , jadi 2767-165 = 2602

yap 2602 itu menunjukan tanggal lahir saya, yaitu tanggal 26 bulan 02

Yap sekarang anda dapat mencobanya sendiri dan buat kagum teman anda.
Selamat mencoba! 
            Membuat matematika menjadi menarik buat anak merupakan salah satu cara agar matematika dapat dipelajari secara mudah, tidak membosankan dan tidak menakutkan.
            Salah satu cara berikut ini adalah permainan matematika kreatif sederhana  tapi menakjubkan.
1. . Pilih angka yang kamu sukai 4, 5 atau 6?
(Misal memilih angka 5)
Kita tidak boleh melihat angka tersebut.
Angka tersebut adalah rahasia bagi kita sebagai pemandu permainan.)
2. Pilih angka lagi yang kamu sukai 1, 2 atau 3? Tuliskan di belakangnya…!
(Misal anak memilih angka 3. Jadi dia mempunyai angka 53)
3. Baik sekarang kamu punya bilangan yang terdiri dari dua angka. Kalikan bilangan terebut dengan 10.
(Anak mengalikan 53×10 = 530.)
4. Tambahkan hasil kali tersebut dengan bilangan semula.
(Anak menjumlahkan 530 + 53 = 583)
5. Kamu sekarang punya tiga angka kan? Sebutkan angka tengah dan belakangnya.
” 8 dan 3,” kata anak.
“Angka depannya adalah 5…!” kita menebak dengan yakin.
“Kok tahu sih…?” anak-anak kagum bercampur penasaran.
“Ya iyalah… kan aku bisa melihat tembus pandang!
Kunci dari permainan di atas adalah perkalian 11.




Suatu hal yang ajaib atau aneh dapat menjadi hal yang menarik bagi siswa, dan siswa terpancing untuk mencari tahu penyebabnya. Pada akhir-akhir pembelajaran guru perlu memberikan suatu hal yang menarik bagi siswa, supaya pembelajaran tidak membosankan dan siswa mendapatkan penyegaran di akhir pembelajaran dengan hal-hal yang menarik. sehingga siswa merasa senang dan merasa pembelajaran cepat sekali berlalu, akhirnya timbul semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika berikutnya. Berikut trik menarik yang bisa disajikan di akhir pembelajaran matematika. 
·         Suruh setiap siswa didalam kelas menulis bilangan dengan empat digit yang masing-masing digitnya berbeda.
·         Kemudian bentuk bilangan siklik yang lain dengan cara memindahkan digit tempat ribuan ketempat ratusan, puluhan dan satuan. Sebagai contoh bilangan yang ditulis adalah : 8234. Maka bilangan yang dibentuk adalah : 8234, 4823, 3482, 2348.
·         Suruh siswa menghitung jumlah keempat bilangan tersebut. Misalkan 8234+4923+3482+2348=18.887
·         Jumlahkan angka-angka pada bilangn mula-mula. misalkan 8+2+3+4=17
·         Bagi jumlah ke-empat bilangan dengan jumlah angka-angka pada bilangan mula-mula. Misal 18.887:17=1111
·         Sungguh menakjubkan, tanpa memperhatikan bilangan mula-mula yang di pilih, hasil akhirnya akan selalu 1111

Permainan berikut sangat menarik, anda dapat dengan mudah menebak berapa umur siswa anda tanpa diberitahukan kepada Anda. Ikuti langkah-langkah berikut :
·         Mintalah kepada seorang siswa anda untuk memilih bilangan apa saja ( jangan lebih dari 5 angka ), kemudian tuliskan dimana anda tidak dapat melihatnya.
·         Kemudian bilangan tadi kalikan dengan 9 selanjutnya tambahkan dengan usia siswa anda tersebut.
·         Anda minta hasil akhirnya, dengan melihat hasil akhir tadi anda dengan mudah menebak berapa umur siswa anda tersebut.
·         Caranya sangatlah mudah, anda cukup menjumlahkan semua angka pada hasil akhir tadi sampai mendapatkan 1 angka. Jika usia dibawah 10 tahun, angka itulah usianya, jika antara 10 s/d 20 thn angka tadi ditambah 9, jika antara 20 s/d 30 thn angka tadi ditambah 18, jika antara 30 dan 40 thn angka tadi ditambah 27 demikian seterusnya.



B. Permainan menyusun angka

Ada begitu banyak permainan yang mengandalkan penyusunan angka. Salah satunya adalah permainan berikut.

Menyususn angka dalam kotak ajaib :

Mintalah siswa untuk memikirkan angka-angka dari 1-9 , kemudian minta satu persatu siswa untuk menyebutkan angka mereka. Setelah dirasa jumlah angka dapat dibagi dengan 3, anda boleh berhenti atau meneruskan meminta angka dari siswa

Kemudian susun angka-angka berapapun tak dibatasi, dan pastikan jumlah angka-angka secara vertikal, horizontal maupun diagonal bernilai sama, yaitu sama dengan jumlah angka yang diperoleh dari siswa.
            Kuncinya adalah bagi jumlah bilangan dengan angka 3, hasilnya letakan di tengah, lalu letakan angka 2 di sudut kanan atas. Kemudian letakan angka 1 di baris ke-3 dan kolom ke-2. kemudian sisanya hitung sendiri. Misalkan jumlah bilangannya adalah 15
                                    2
               5
                1       



C. Permainan menyebrangi jembatan.

            Permainan ini dituntut kejelian dan ketelitian anak untuk menggunakan kesempatan yang dimiliki seminimal mungkin.
            Permainan ini membutuhkan 7 pemain, masing masing pemain memiliki karakter, antara lain :
  1. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 1kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langkah cepat
  2. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 3kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langka lumayan cepat
  3. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 7kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langkah lumayan lambat
  4. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 9kg daging untuk umpan buaya karana memiliki langkah lambat
  5. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 15kg daging untuk umpan buaya karena langkahnya lambat sekali

Sedangkan jumlah stok daging yang tersedia adalah 35 kg daging. Bagaimana caranya supaya semua dapat menyebrang dengan selamat. Kondisi jemabatan adalah : banyak buaya yang akan memakan kalian, sehingga butuh umpan untuk mengalihkan perhatian mereka. Namun saat itu sangat gelap gulita, sehingga butuh penerangan, namun yang ada hanya sebuah lampu petromax. Jadi pemain harus menyebrang 2-2 dan setelah menyebrang salah satunya harus kembali membawa lampu untuk penerangan bagi penyebrangan selanjutnya.


D. Permainan selanjutnya adalah permainan sambung angka

            Mintalah 4 siswa untuk berpartisipasi dalam permainan ini. Kemudian mintalah masing-masing memikirkan satu angka berkisar 1- 9. Kondisikan sehingga 4 orang siswa tersebut berbaris dengan rapih. Lalu orang pertama menyebutkan angka mintalah orang pertama untuk menyebutkan salah satu angka berkisar 1-5, namun bukan angka yang ia pilih pertama, lalu angka tersebut digunakan untuk menambahkan angka orang pertama, mengalikan yang ke 2 dan mengurangi yang ke 3 dan di gunakan untuk menambahkan yang orang ke-4, dan orang pertama yang mencapai jumlah 50, dialah pemenangnya....



Poskan Komentar