Friday, 16 November 2012

Sulap selip Matematika bagian ke 2




A. Permaian menebak pikiran
1. permainan operasi dasar
            Permainan ini hanya membutuhkan kemampuan kita dalam operasi hitung dasar, seperti menjumlah, mengurangi, membagi, dan mengali. Dan operasi hitung yang sangat dasr itulah yang akan kita gunakan untuk memebak pikiran orang.
            Sekarang, ikuti apa yang saya minta berikut ini!
1. Pilihlah salah satu bilangan, bebas boleh berapapun asalkan lebih dari nol.
2. Lalu kuadratkan bilangan tersebut
3. Setelah didapat, hasilnya kurangi dengan bilangan awal yang kamu pilih
4. Selanjutnya bagi dengan bilangan awal yang dipilih
5. Lalu selanjutnya kalikan dengan -1
6. hasilnya kita tambahkan dengan angka awal

            Kalau hitunganmu benar, maka jawabanya adalah 1, ini bisa dibuktikan sebagai berikut :
 Misalkan bilangan yang kamu pilih adalah x, maka :
1.      X
2.      X2
3.      X2 – X
4.       = X-1
5.      (X-1) x (-1) = -X + 1
6.      (–X + 1) + X = 1
            Terbukti Nilai yang dihasilkan adalah 1, agar lebih keren kita bisa memodifikassinya sendiri, misalakan dari hasil akhir tersebut yakni angka 1 kita buat menjadi angka berapapun terserah kita, sebagai contoh kita ubah angka satu tersebut menjadi 100, tentu caranya tidak langsung dikalikan dengan seratus agar tidak mengesankan kita telah mengetahui jawabanya
Misalkan kita kalikan 5 terlebih dahulu, lalu kita kuadratkan setelah itu kita kalikan 4, atau masih banyak cara lainya.
           
2. Permaianan menebak pikiran 2
Membuat matematika menjadi menarik buat anak merupakan salah satu cara agar matematika dapat dipelajari secara mudah, tidak membosankan dan tidak menakutkan.
            Salah satu cara berikut ini adalah permainan matematika kreatif sederhana  tapi menakjubkan.
1. Pilih angka yang kamu sukai 4, 5 atau 6?
.
(Misal memilih angka 5)
Kita tidak boleh melihat angka tersebut.
Angka tersebut adalah rahasia bagi kita sebagai pemandu permainan.)
2. Pilih angka lagi yang kamu sukai 1, 2 atau 3? Tuliskan di belakangnya…!
(Misal anak memilih angka 3. Jadi dia mempunyai angka 53)
3. Baik sekarang kamu punya bilangan yang terdiri dari dua angka. Kalikan bilangan terebut dengan 10.
(Anak mengalikan 53×10 = 530.)
4. Tambahkan hasil kali tersebut dengan bilangan semula.
(Anak menjumlahkan 530 + 53 = 583)
5. Kamu sekarang punya tiga angka kan? Sebutkan angka tengah dan belakangnya.
” 8 dan 3,” kata anak.
“Angka depannya adalah 5…!” kita menebak dengan yakin.
“Kok tahu sih…?” anak-anak kagum bercampur penasaran.
“Ya iyalah… kan aku bisa melihat tembus pandang!
Kunci dari permainan di atas adalah perkalian 11.

3. Permaian menebak pikiran 3
Suatu hal yang ajaib atau aneh dapat menjadi hal yang menarik bagi siswa, dan siswa terpancing untuk mencari tahu penyebabnya. Pada akhir-akhir pembelajaran guru perlu memberikan suatu hal yang menarik bagi siswa, supaya pembelajaran tidak membosankan dan siswa mendapatkan penyegaran di akhir pembelajaran dengan hal-hal yang menarik. sehingga siswa merasa senang dan merasa pembelajaran cepat sekali berlalu, akhirnya timbul semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika berikutnya. Berikut trik menarik yang bisa disajikan di akhir pembelajaran matematika. 
·         Suruh setiap siswa didalam kelas menulis bilangan dengan empat digit yang masing-masing digitnya berbeda.
·         Kemudian bentuk bilangan siklik yang lain dengan cara memindahkan digit tempat ribuan ketempat ratusan, puluhan dan satuan. Sebagai contoh bilangan yang ditulis adalah : 8234. Maka bilangan yang dibentuk adalah : 8234, 4823, 3482, 2348.
·         Suruh siswa menghitung jumlah keempat bilangan tersebut. Misalkan 8234+4923+3482+2348=18.887
·         Jumlahkan angka-angka pada bilangn mula-mula. misalkan 8+2+3+4=17
·         Bagi jumlah ke-empat bilangan dengan jumlah angka-angka pada bilangan mula-mula. Misal 18.887:17=1111
·         Sungguh menakjubkan, tanpa memperhatikan bilangan mula-mula yang di pilih, hasil akhirnya akan selalu 1111

B. Permainan menebak umur
1. Permainan menebak umur 1
            Agar terkesan lebih hebat lagi, kita akan menebak umur plus menebak jumlah anggota keluarga teman kita. Tapi syaratnya teman kita atau orang yang akan kita tebak umurnya harus pandai berhitung, atau paling tidak memiliki alat hitung. Bagaimana caranya? Coba ikuti intruksi berikut ini!.
1.      Mintalah orang lain untuk memikirkan berapa jumlah anggota keluarganya
2.      Lalu kalikan dengan 2
3.      Setelah itu tambahkan dengan5
4.      Kemudian kalikan 50
5.      Tambahkan dengan 1760 (ini khusus untuk 2010, adapun untuk 2011, kita tambahkan 1761. Dan untuk 2012 kita tambahkan 1762, dan begitu seterusnya).
6.      Kurangi dengan bilangan tahun kelahiran temanmu, misalkan kurangi dengan 1990 jika ia lahir pada tahun tersebut.
7.      Hasilnya, jika hitungan orang tersebut benar, maka 2 digit dari belakang adalah umurnya, dan sisa angka di depanya adalah jumlah saudara yang dimiliki temanmu.
            Bagaimana ini bisa terjadi ? perhatikan contoh berikut



Instruksi kita                                                             Jawaban teman kita

Pikirkan jumlah saudaramu                                         N
Kalikan dengan 2                                                        N x 2
Tambahkan dengan 5                                                  2N +5
Kalikan dengan 50                                                      100N + 250
Tambahkan dengan 1760                                            100N + 2010
Kurangi dengan tahun kelahiranmu                            Misal lahir tahun 1990, maka 100N +20
Hasilnya                                                                      Misal N=2 Maka, hasilnya 220

            Terlihat bahwa dua digit terakhir adalah umur teman kita karena lahir pada 1990 dan sekarang tahun 2010, dan sisanya angka yang di sepan adalah jumlah saudara teman kita.
            Seperti biasanya kita bisa memodifikasikan jawabannya misalkan hasil akhirnya kita tambahkan 17 atau bagaimanapun caranya supaya terkesan lebih keren !!!

2. Permainan menebak umur 2
            Selain itu banyak variansi dalam permainan ini, antara lain sebagai berikut:
Permainan berikut sangat menarik, anda dapat dengan mudah menebak berapa umur siswa anda tanpa diberitahukan kepada Anda. Ikuti langkah-langkah berikut :
·         Mintalah kepada seorang siswa anda untuk memilih bilangan apa saja ( jangan lebih dari 5 angka ), kemudian tuliskan dimana anda tidak dapat melihatnya.
·         Kemudian bilangan tadi kalikan dengan 9 selanjutnya tambahkan dengan usia. siswa anda tersebut.
·         Anda minta hasil akhirnya, dengan melihat hasil akhir tadi anda dengan mudah menebak berapa umur siswa anda tersebut.
·         Caranya sangatlah mudah, anda cukup menjumlahkan semua angka pada hasil akhir tadi sampai mendapatkan 1 angka. Jika usia dibawah 10 tahun, angka itulah usianya, jika antara 10 s/d 20 thn angka tadi ditambah 9, jika antara 20 s/d 30 thn angka tadi ditambah 18, jika antara 30 dan 40 thn angka tadi ditambah 27 demikian seterusnya.

3. Permainan menebak umur 3
Ya, kali ini saya akan mencoba menuliskan sebuah permainan matematika yang sederhana tapi cukup menarik, karena dengan permainan ini anda bisa mengetahui tanggal lahir orang lain melalui perhitungan angka-angka. Ya, anda cukup ajak teman anda yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya untuk bermain dengan angka bersama anda, lalu anda dapat mengetahui tanggal lahirnya, mudah bukan?
Begini, misalnya anda memiliki seorang yang sedang ditaksir lalu anda tidak mengetahui hari ulang tahunnya, maka anda dapat menggunakan permainan ini untuk mengetahui hari ulang tahun

Begini caranya
Pertama
Ada tiga option yang harus dipilih salah satu pada langkah pertama ini:

1. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) cukup pandai dalam menghitung, maka suruh dia memegang kertas/buku beserta pulpen (untuk coret-coretan menghitung tentunya)
2. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak cukup pandai dalam berhitung, maka suruhlah dia memegang kalkulator(untuk digunakan menghitung nanti tentunya)
3. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak bisa berhitung sama sekali dan tidak bisa menggunakan kalkulator, mending jangan diteruskan permainan ini, soalnya nanti sia-sia saja (ya iya lah?) 
Kemudian Suruh teman anda untuk melakukan perhitungan ini:
A. mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 (tanggal lahir dia X 5)
B. hasil perhitungan pada langkah A tambahkan dengan 6 (hasil A + 6)
C. hasil perhitungan pada langkah B kalikan dengan 4 (hasil B X 4)
D. hasil perhitungan pada langkah C tambahkan dengan 9 (hasil C + 9)
E. hasil perhitungan pada langkah D kalikan dengan 5 (hasil D X 5)
F. hasil perhitungan pada langkah E tambahkan dengan bulan kelahirannya
(NB: Januari=1, February=2, dst)
Setelah langkah A sampai dengan F selesai, mintalah teman anda untuk memberitahukan hasil perhitungannya kepada anda, lalu anda kurangi hasil yang diberitahukan teman anda itu dengan angka kunci, yaitu 165 (hasil perhitungan – 165) nah lalu anda sekarang sudah mengetahui tanggal lahir teman anda.

Contoh:

Hasil perhitungan tanggal lahir saya melalui langkah A sampai dengan F adalah 2767.
Hasil itu dikurangi 165 , jadi 2767-165 = 2602
yap 2602 itu menunjukan tanggal lahir saya, yaitu tanggal 26 bulan 02
Yap sekarang anda dapat mencobanya sendiri dan buat kagum teman anda. Selamat mencoba! 


C. Bermain sulap dengan korek api

            Kita akan bermain sulap dengan menggunakan media korek api. Efek yang hendak ditunjukan pada audiens adalah kita dapat menebak jumlah sisa batang korek api yang terdapat di dalam kotak korek api tanpa melihat isinya, hanya dengan mendengarkan suara korek apinya. Bagaimana caranya ?
            Caranya sediakan 20 batang korek api dan masukan kedalam kotak Korek api. Berikan kotak korek api yang sudah terisi 20 batang korek api kepada salah satu teman atau audiens, agar lebih keren, kita dalam memberikan instruksi berikut bisa sambil menutup mata, ataupun membelakangi audiens, agar terkesan tidak ada rekayasa, ataupun kecurangan.

Instruksi
Apa yang dilakukan Audiens
1.      Pilih sembarang bilangan antara satu sampai 10, kemudian keluarkan batang korek api dalam kotak sebanyak bilangan yang kamu pikirkan
2.      Hitung sisa korek api, dan cari jumlah dua digit angka-angkanya
3.      Kelurkan lagi korek api sebanyak jumlah dua digit angka-angkanya
4.      Ambil sebagian sisa korek api dalam kotak, lalu bakar jangan sampai habis  dan berikan kepada saya, baik kotak yang berisi sisa korek api maupun korek api yang terbakar
5.      Kocok-kocokan kotak korek api, seolah-olah kita akan menebak isi kotak korek api tersebut. Kemudian beritahu pada audiens isi dari kotak korek api, tentang berapa jumlah batang korek yang tersisa
Misalkan teman kita memilih 7, dan mengeluarkan 7 batang korek api



Sisa korek api adalah 13, dan jumlah 2 digit angkanya adalah 1+3=4
Teman kita mengeluarkan lagi 4 batang korek api
Misalkan teman kita membakar 3 korek api.




Kurangkan 3 dari 9 untuk mendapatkan sisa batang korek api yang terdapat dalam kotak, sehingga jumlah sisa batang korek api yang terdapat dalam kotak korek api adalah 6

            Tanpa memperhatikan berapa batang korek api yang dikeluarkan audiens pada instruksi pertama, akan terdapat 9 batang korek api yang tersisa dalam kotak setelah selesai melaksanakan instruksi ke -3. Sehingga kita hanya perlu mengurangkan korek api yang terbakar dari 9 batang korek api yang tersisa.
            Penjelasan secara sistematinya sebagai berikut. Misalkan bilangan yang dipilih adalah n. oleh karena itu akan dikeluarkan batang korek api sejumlah n buah. Sehingga sisa korek api dalam kotak adalah 20-n atau bisa dinyatakan 10 + (10-n). Dengan demikian jumlah dua digit angka-angkanya adalah 1+(10-n) = 11-n ( sebagai analogi 13 = 10+(10-7), jumlah dua digit angkanya adalah 1+(10-7)=1+3=4) keluarkan lagi korek api sebanyak dari jumlah dua digit angak-angka tersebut yaitu (11-n), sehingga sisa korek api dalam kotak adalah
 20-n-(11-n) = 9. Kemudian misalkan korek api yang dibakar adalah k maka, jumlah korek api di dalam kotak sekaranga dalah 9-k buah.

D. Permainan menerawang angka

            Efek yang hendak ditampilkan dalam permainan ini adalah kita dapat menebak angka yang dicoret oleh audiens hanya dengan meminta audiens menyebutkan angka- angka yang tersisa atau yang tidak dicoret.
            Bagaimana caranya? Ikuti instruksi berikut!.
1.      Mintalah audien memikirkan suatu angka lebih dari 2 digit
2.      Kemudian mintalah jumlahkan kesemua angka –angka yang tadi sudah dipilih
3.      Lalu hasil penjumlahan angka-angka tersebut gunakan untuk mengurangi jumlah angka yang pertama kali dipikirkan\
4.      Setelah didapat hasilnya, mintalah audiens mencoret salah satu angka yang ada
5.      Lalu mintalah audiens menyebutkan angka-angka yang tidak dicoret
            Lalu kita dapat menyebutkan angka yang dicoret dengan mudah.,kuncinya adalah, semua bilangan yang terdiri dari dua digit atau lebih, jika dikurangkan dengan jumlah angka-angka yag terdapat dalam digit angka tersebut akan menghasilkan bilangan yang bisa dibagi 9.
            Misalkan seseorang memilih angka yaitu 2345, maka jumlah dari angka-angka tersebut adalah 14, maka kita kurangkan 2345 dengan 14 dan akan menghasilalkan 2331,
Nah jika kita jumlahkan angka-angkanya bukankah akan menjadi bilangan yang dapat dibagi dengan 9, yaitu jumlahnya 2+3+3+1=9, dan jika kita minta audiens mencoret salah satu angkanya misalkan, angka yang dicoret adalah 1, berarti kita bisa mnebak angka yang dicoret 
 Dengan menjumlahkan sisa angka yang tidak dicoret, yaitu 2+3+3=8, dan karena jumlah angka-angkanya harusnya menjadi angka yang bisa dibagi Sembilan, maka, yang dicoret adalah angka 1.

E. Permainan pengenalan bangun datar

            Permainan kali ini adalah media yang tepat bagi kita untuk mengenalkan pada anak-anak macam banguin datar. Permainan ini akan melatih kreatifitas anak dalam menggambar bangun datar, sekaligus mengenalkan jenis-jenis bangun datar.
            Permainannya sangat sederhana, yang dibutuhkan adalah sejumlah kertas kosong dan bolpoint untuk masing-masing anak. Aturan mainya, adalah sebagai berikut :
1.      Buatlah anak-anak menjadi beberapa kelompok
2.      Mintalah anak menggambar salah satu bangun datar yang ia ketahui pada selembar kertas yang disediakan
3.      Kemudian kertas yang telah digambar ditukar dengan teman sebelahnya dengan system roling, misalakan terdapat 4 anak a,b,c,dan d. maka ditukar kertasnya dari a ke b, dari b ke c, dari c ke d, dan dari d ke a lagi
4.      Suruh ia menggambar bangun ruang lagi pada kertas yang telah berisi gambar temanya
5.      Lalu lakukan rolling lagi seperti nomor 3, dan diteruskan dengan nomor 4
6.      Begitu seterusnya, sampai dikira cukup
7.      Lalu nilai gambar masing, masing anak. Dan pemenangnya dalah gambar yang paling bagus, dan paling mendekati suatu gambar yang ada di alam ini.
Misalkan gambar berikut :
 






            Agar lebih memotivasi anak, anak-anak dapat diiming-imingi reward bagi pemenangnya, dapat berupa nilai, ataupun reward lainya.


F. Bermain dengan kotak ajaib

            Efek yang hendak kita tampilkan adalah, kita dapat mengisi kotak kotak yang disediakan, baik 9 kotak maupun 16 kotak dengan angka-angka yang berbeda satu sama lain, tapi menghasilkan jumlah yang sama, baik vertical, horizontal maupun diagonal dalam waktu yang singkat.
            Agar lebih terkesan hebat lagi, kita bisa meminta audiens yang menentukan jumlah angka yang hendak dituju dalam penghitungan diagonal vertical, maupun horizontal. Caranya adalah sebagai berikut, untuk kotak yang 9 kotak, ikuti instruksi berikut
1.      Mintalah audiens untuk memikirkan angka antara 1-9
2.      Kemudian, secara acak kita minta audiens menyebutkan angka-angka yang dipikirkanya
3.      Terus lakukan pada beberapa orang sampai dikira cukup, atau memenuhi syarat, yaitu jumlah dari angka-angka yang didapat harus dapat di bagi 3
4.      Lalu bagi jumlah angka tersebut dengan 3
5.      Gunakan hasil baginya untuk mengisi pada kotak yang terdapat ditengah
6.      Selanjutnya letakan angka 2 pada sudut kanan atas
7.      Lalu angka 1 pada baris ke 3 kolom ke 2
8.      Lalu selanjutnya isi kotak yang tersisa secra manual dengan cepat
            Contoh : misalakan jumlah angka yang didapat adalah 21, maka

6
13
2
3
7
11
12
1
8

            Selanjutnya untuk kotak yang berisi 16 kotak adalah dengan menggunakan cara sebagai berikut :
1.      Mintalah audiens untuk memikirkan angka diantara 1-9
2.      Kemudian, secara acak kita minta audiens menyebutkan angka-angka yang dipikirkanya
3.      Terus lakukan pada beberapa orang sampai dikira cukup, atau memenuhi syarat, yaitu jumlah dari angka-angka yang didapat harus dapat di bagi 4 setelah dikurangi dengan 30, misalkan 34, setelah dikurangi 30, bisa dibagi 4 karena hasilnya 4
4.      Lalu setelah didapat jumlah angka yang memenuhi syarat, kurangkan dengan 30
5.      Selanjutnya hasilnya dibagi dengan 4
6.      Hasil dari operasi nomor 5 akan digunakan sebagai angka keramat
7.      Isi kotak dengan mengunakan angka keramat di awal, kemudian diteruskan dengan mengisi kotak selanjutnya sesuai urutan angkanya, misalakan 1,2,3,4,…
8.      Setelah kotak terisi, lanjutkan dengan menukarkan baris pertama kolom ke 2 ke tempat baris ke 4 kolom ke 3, begitu puloa sebaliknya,
9.      Tukarkan kolom ke3 baris pertama pada tempat kolom ke 2 baris ke 4, begitu pula sebaliknya
10.  Tukarkan kolom petama baris ke2 ketempat kolom ke 4 baris ke 3, begitu pula sebaliknya
11.  Tukarkan kolom ke 1 baris ke 3 pada kolom ke 4 baris ke 2
12.  Usahakan mengerjakan instruksi ke 7 sampai selesai secara langsung, tanpa memperlihatkan proses pada audiens, agar terkesan keren
           
            Sebagai contoh, jumlah yang di dadapat adalah 38, maka :
(38-30) : 4 = 2
2 adalah angka keramat.

2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17










            Sebelum di tukar antara kolom satu dengan yang lain

2
16
15
5
13
7
8
10
9
11
12
6
14
4
3
17





            Setelah ditukar antara kolom satu dengan yang lain, bukankah menakjubkan bukan hanya secara diagonal, vertical, maupun horizontal. Bahkan jumlah 4 kotak yang berdekatan pun sama contoh :


9
11
14
4
12
6
3
17
15
5
8
10
2
16
13
7




G. Meramal sifat orang dari namanya

            Dalam permainan ini kita harus mengkonversikan setiap huruf yang menyusun suatu nama dengan suatu bilang tertentu. Bilangan-bilangan hasil konversi itu kemudian dijumlahkan dengan ketentuan khusus, sehingga pada akhirnya di peroleh sutu bilangan yang kurang dari 10.
            Dalam permainan ini huruf-huruf harus di konversikan kedalam angka tertentu, dengan ketentuan sebagai berikut :
A-1      F-6       K-2      P-7       U-1      Z-8
B-2      G-7      L-3      Q-8      V-2
C-3      H-8      M-4     R-9      W-5
D-4      I-9       N-5      S-1       X-6
E-5      J-1       O-6      T-0       Y-7

            Selanjutnya tulislah nama yang akan kita ramal, setelah kita menuliskan namanya, lalu kita konversikan setiap huruf yang menyusun namanya kedalam bilangan-bilangan yang telah ditentukan di atas.
            Sebagai contoh : Nayla Anjani
N         A         Y         L          A         A         N         J           A         N         I
5          1          7          3          1          1          5          1          1          5          9
            Selanjutnya jumlahkan bilangan hasil konversi huruf-huruf penyusun nama tersebut. Diperoleh : 5+1+7+3+1+1+5+1+1+5+9 = 39
            Angka-angka yang membentuk bilangan hasil penjumlahan selanjutnya dijumlahkan lagi hingga hasilnya berupa bilangan yang terdiri dari satu digit angka. (satuan).
39      3 + 9 = 12
            Hasilnya masih terdiri dari dua digit, maka di jumlahkan lagi, sehingga diperoleh : 1+2=3 .
            Bilangan hasil akhir harus di bawah angka 10, sehingga hasil penjumlahan yang belum mencapai dibawah angka 10 terus dipecah dan dijumlahkan
            Selanjutnya hasil akhir ini akan dicocokan dengan sifat-sifat yang diwakili oleh bilangan tersebut.
1.      Penyatuan, perpaduan, ego, sintesis,fanatic,  kekuatan, kreativitas, cita-cita, tindakan, kejahatan. Orang bernomor ini kalau tidak menjadi pemimpin besar akan menjadi penjahat besar.
2.      Polaritas, dualitas, pilihan, mempunyai dua sifat yang bertentangan. Orang yang bernomor ini artistic, intuitif, dan cenderung bersedih. Tapi kita perlu berhati-hati dengan orang ini, karena bisa jadi, akan menipu.
3.      Tindakan, segitiga Surga-manusia-bumi. Orang yang bernomor ini berbakat, setia dengan peraturan / tata tertib dan memiliki kekuatan. Namun begitu begitu, mereka ini sering mendominasi atau suka menguasai orang lain.
4.      Hal keduniaan, kestabilan, aturan, musim 4, arah 4. Orang yang bernomor ini kukuh, praktis dan realistis. Mereka sering melihat segala sesuatu dari segi bertentangan, cenderung memberontak dan tidak tradisional.
5.      Pengembangan, panca indra. Orang bernomor ini aktif, senang mencari kenikmatan, cerdas, tapi cepat marah.
6.      Kreativitas, abstrak, keindahan,keselarasan, daya imaginasi/hayalan. Orang bernomor ini dapat dipercaya dan romantic. Mereka benci perselisihandan berusaha menciptakan keselarasan atau harmoni.
7.      Kerohanian, orang bernomor ini cenderung suka berfilsafat dan religious, intuitif, berfikir orisinil, tapi cenderung introvert.
8.      Kejayaan keduniaan, tetapi mengalami naik-turun mencari keseimbangan dan ketinggian. Orang bernomor ini hebat dan asyik, mempunyai kekuatan diri dan bersemangat. Meskipun dari luar tampak dingin, tapi di dalam ingin memberontak bagaikan bom.
9.      Kesempuranaan, orang bernomor ini berani dan aktif, memiliki kepedulian sosial dan rasa kemanusiaan yang tinggi.  Namun demikian orang bernomor ini suka ngegosip, dan biasanya mudah terlena dengan keberhasilanya. Parahnya lagi suka ngutang.
            Kalau kita pengen permainan ini lebih sebagai hiburan saja, kita bisa mengkreasi permainan ini sehingga hasil ramalan ini lucu dan menghibur, yaitu dengan membuat makna baru yang lucu dan berbeda di balik angka-angak tersebut. Seperti misalnya, 1 kurang gizi, lemot, dan lain sebagainya terserah kamu lah yang penting bisa membuat suasana menjadi semakin seru.

F. permainan pengolahan logika

            Bagi sebagian anak mengerjakan soal adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan apalagi dikemas sedemikian rupa sehingga menarik. Adapun soal-soa yang dibahasadalah soal yang membutuhkan kejelian namun sedikit menghitung. Berikut contoh soalnya

  1. Diketahui terdapat urutan bilangan 1   5   5   5, buatlah kombinasi angka tersebut sehingga menghasilakan jumlah 26, tapi hanya menguunakan x, :, +, -, dan kurung( ).

Jawabanya adalah ((1:5)+5) :5 = 26
  1.  Terdapat 10 butir kelereng, susunlah sehingga membentuk 5 buah garis, dan tiap garis terdiri dari 4 butir kelereng.

Jawabanya adalah 10 butir kelereng tersebut disusun membentuk gambar bintang



  1. Seorang dosen memerintahkan pada seorang muridnya untuk mebentuk sebuah bangun datar dari sebuah kawat yang disediakan yaitu bangun ”x” dan luasnya harus ’y’, kemudian panjang kawat yang disediakan adalah sepanjang 18 cm, namun seorang mahasiswa mematahkan kawat tersebut sepanjang 2 cm, maka kawat sisanya adalah 16 cm. Namun mahasiswa tersebut tetap dapat membuat bangun tersebut dengan luas yang sama, tentukanlah bangun ”x” dan dan luas ”y”

Jawab :
Bangun tersebut adalah segitiga sama kaki dan luasnya adalah adalah 12 cm2 lihat bangun berikut :
Bangun pertama                      bangun ke 2
                               C                                      C
                                                           
                  A                           B            A                     B
Dengan ukuran pada segitiga pertama adalah menggunakan panjang kawat 18 cm, yakni AC = BC yaitu sepanjang 5 cm dan panjang AB adalah 8 cm. Maka luasnya adalah ½ x AB x tinggi segitiga = ½ x 8 x 3 = 12 cm2
 Dan segitiga yang kedua dengan panjang kawat 16 cm, dapat dibentuk segitiga dengan ukuran AB=BC=5 cm dan Panjang AB = 6 cm maka luasnya adalah
½ x AB x Tinggi= ½ 6 x 4 = 12 cm2

Dan banyak lagi yang bila dibahas semua tidak akan cukup satu hari, oleh karena itu kami hanya mengambil beberapa saja.
C. Permainan menyebrangi jembatan.

            Permainan ini dituntut kejelian dan ketelitian anak untuk menggunakan kesempatan yang dimiliki seminimal mungkin.
            Permainan ini membutuhkan 7 pemain, masing masing pemain memiliki karakter, antara lain :
  1. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 1kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langkah cepat
  2. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 3kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langka lumayan cepat
  3. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 7kg daging untuk umpan buaya karena memiliki langkah lumayan lambat
  4. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 9kg daging untuk umpan buaya karana memiliki langkah lambat
  5. Setiap sekali melewati jembatan menghilangkan 15kg daging untuk umpan buaya karena langkahnya lambat sekali

Sedangkan jumlah stok daging yang tersedia adalah 35 kg daging. Bagaimana caranya supaya semua dapat menyebrang dengan selamat. Kondisi jemabatan adalah : banyak buaya yang akan memakan kalian, sehingga butuh umpan untuk mengalihkan perhatian mereka. Namun saat itu sangat gelap gulita, sehingga butuh penerangan, namun yang ada hanya sebuah lampu petromax. Jadi pemain harus menyebrang 2-2 dan setelah menyebrang salah satunya harus kembali membawa lampu untuk penerangan bagi penyebrangan selanjutnya.



























DAFTAR PUSTAKA

Sriyanto, H,J.2007.Easy Math. Yogyakarta : Pustaka Widyatama
Sriyanto, H,J. 2007. Bermain Sulap dengan Matematika. Yogyakarta : Indonesia Cerdas
Sukardjono. 1997. Ceria Dalam Teka-teki Mtaematika. Yogyakarta : Depdikbud




3 comments:

Anonymous said...

bagus...

Syaeful Anwar said...

trimakasih...^_^

Anonymous said...

hahaha